Tips Memperbaiki Posisi Tubuh di Depan Komputer

Apakah Anda mengalami ketegangan leher atau punggung saat duduk di depan komputer Anda? Hal ini mungkin disebabkan postur tubuh Anda yang keliru karena posisi duduk yang kurang tepat. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk memperbaiki postur tubuh yang keliru ketika Anda sedang bekerja dengan komputer:

1. Sesuaikan Posisi Monitor Anda. Langkah pertama adalah menyadari akan adanya kekurangnyamanan posisi kerja Anda ketika duduk di depan komputer. Apakah Anda duduk membungkuk di kursi atau membungkuk sambil melihat monitor anda? Hal ini meningkatkan resiko ketegangan otot dan mengarah pada leher sakit, punggung nyeri, dan bahu pegal. Jika Anda menjulurkan leher Anda sambil duduk di depan komputer Anda, mungkin posisi Anda terlalu tinggi terhadap monitor. Idealnya, bagian atas monitor harus setinggi mata untuk menjaga tubuh Anda sejajar baik. Kebanyakan orang memiliki monitor mereka terlalu rendah. Coba mengangkat dengan menempatkan tumpukan buku di bawah sampai Anda tidak lagi melihat ke bawah atau tegakkan arah monitor Anda. Demikian pula, Anda tidak perlu regangan otot untuk menatap monitor anda dengan baik.

2. Pilih Kursi Yang Sesuai. Jangan terlalu berhemat pada jenis kursi yang Anda gunakan untuk duduk di depan komputer. Pemilihan kursi yang salah dan Anda akan membuat postur tubuh ketika duduk di depan komputer menjadi buruk. Jika memungkinkan, belilah sebuah kursi yang ergonomis. Kursi ergonomis mungkin berharga sedikit lebih mahal, tapi kalau Anda akan menggunakannya untuk duduk di atasnya dalam waktu yang lama, akan dapat mengurangi risiko ketegangan otot. Pilih sebuah kursi yang memiliki sandaran yang dapat disesuaikan pada kedua tinggi dan sudut yang terletak di punggung Anda. Tulang belakang Anda akan lebih mudah untuk beradaptasi kursi ke kelengkungan kursi ergonomis ini. Kursi dengan sandaran tangan akan semakin menyamankan posisi duduk Anda.

3. Tentukan Posisi Duduk. Ketika duduk di kursi, berlatihlah untuk tetap menjaga punggung Anda berhubungan dengan sandaran kursi itu. Tinggi kursi dan lengan bertumpu harus disesuaikan sehingga lengan dapat bersantai di terletak nyaman ketika Anda tidak mengetik. Tentu saja, Anda ingin memiliki kursi padding cukup untuk membuat nyaman pantat Anda dalam jangka waktu yang lama. Kursi putar juga baik terutama mampu membuat Anda dapat dengan mudah mengarahkan tubuh Anda di layar

4. Jangan Silangkan Kaki. Ketika duduk di kursi komputer Anda, usahakan menjaga kedua kaki menapak di lantai tanpa menyilangkan kaki Anda. Bila kaki Anda disilangkan, Anda berarti mengurangi sirkulasi ke bagian bawah kaki dan dapat menimbulkan varises yang lebih buruk.

Sumber : http://tipsanda.com/

About A Kurniawan

I was a cop who wants to write about all the things about the police all over the world
This entry was posted in Serba-serbi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s